Kamis, 24 November 2011

Berenang renang dahulu... Bersehat-sehat kemudian....

Saya bukan masuk ke dalam golongan manusia yang suka olahraga, prinsip saya (dulu) buat apa capek-capek buat apa berkeringat di saat kita bisa berleha-leha... Memang sebuah prinsip yang salah dan menyesatkan...;p

Sampai beberapa waktu lalu saya sadar kalo saya butuh olahraga... Bukan sekedar butuh.. HARUS lebih tepatnya. 
Di saat itulah saya mulai memaksa diri saya untuk olahraga yang ringan, gak bikin saya terbebani untuk melakukannya, akhirnya pilihan saya jatuh pada olahraga yang paling sederhana dan gak neko-neko, yaitu jogging... Hmmmm sebenarnya lebih tepat dibilang jalan cepat sih...
Mungkin bagi penggila olahraga pilihan saya ini cemen banget ya, tapi sumpah bagi saya ini merupakan pengorbanan. Saya harus menjaga kosistensi saya untuk tidak tidur lagi habis subuh, ganti baju olahraga, dan keluar rumah di waktu satpam komplek sedang menyeduh kopi sambil nguap-nguap.... Dan 'jalan cepat' selama kurang lebih 40menit. Sesuatu banget, kan ? Ya, saya akui deh emang kadang-kadang kalo males lagi melanda, saya pilih bablas tidur aja abis sholat subuh. 

Setelah beberapa bulan jalan cepat saya lakukan, saya mulai bosan.... (emang dasarnya saya pembosan). Dan saya mulai mencari olahraga baru.. Kembali saya mencari olahraga yang ringan dan gak jadi beban buat saya. Akhirnya keingetan deh kalau saya dulu (pernah) suka yang namanya berenang. Tepatnya waktu tinggal di apartemen, karena kan tinggal turun lift udah ada kolam renang, tinggal nyemplung aja! 
Tapi, itu cerita beberapa tahun silam, baju renang saya saat itu juga udah nggak tau ke mana.... Kalo ada juga mungkin udah nggak muat kali ya..
Sebelum melangkahkan kaki ke kolam renang, hal pertama yang saya lakukan adalah : Beli Baju Renang!
Dan pergilah saya beli baju renang... 

Sudah 1 bulan ini, seminggu 1-2 kali saya ke kolam renang...Setelah sekian tahun saya nggak pernah sengaja ke kolam renang umum untuk menyeburkan diri saya ke dalamnya. Mungkin terakhir saya ke kolam renang adalah saat saya tinggal di Jepang, karena waktu tinggal di sana, setiap musim panas saya pasti getol untuk berenang. 
Pilihan saya jatuh kepada 2 kolam renang yang cukup dekat dari kediaman saya, yaitu kolam renang di Cilandak Sports Centre (Belakang Citos) dan kolam renang di Life Spa&Sports Centre di dalam komplek perkantoran Nestle. 
DAN! ternyata berenang di kolam renang umum di sini tidak semenakutkan yang saya bayangkan.... Jujur aja, keraguan saya untuk berenang lagi adalah karena saya sekarang memakai jilbab, dan di kedua tempat yang saya datangi selain saya cukup banyak orang berjilbab yang pakai baju renang... 
atau penyebutannya gimana ya ? 
cukup banyak orang yang pakai baju renang berjilbab ? 
Intinya saya tidak merasa aneh harus berenang dengan kostum seperti itu... 

Dan, ternyata untuk melakukan sesuatu itu yang terberat adalah ketika memulainya ya... Di saat mau mulai berenang (lagi) kayaknya ogah-ogahan gitu,keluar untuk beli baju renangnya aja males! Tapi setelah kita mulai, ternyata tidak seberat yang kita bayangkan sebelumnya. 
Sejujurnya, saya menikmati berenang.. Lebih nikmat daripada jalan cepat... Hahaha!
Walau saya sama sekali nggak jago renang, tapi saya menikmati sensasi yang menyenangkan dan menyegarkan ketika saya membenamkan kepala dan tubuh saya dalam air, saat saya meluncur dan bergerak dalam air. Rasanya waktu yang ada hanya antara saya dan air....Saya menikmati kesendirian saya dalam air.. Kesendirian yang (mudah-mudahan) menyehatkan. Dan, percaya atau tidak buat saya berenang itu nagih....
Saya berdoa untuk diri saya yang pembosan ini supaya bisa istiqomah dalam urusan berenang ini... Aamiin!

Ohya, sekedar info :
Kolam Renang Cilandak Sports Centre
Biaya masuk   : Rp. 40,000 (weekdays) ; Rp. 45.000 (weekend) 
Kita bisa jadi member dengan biaya (kalau tidak salah) Rp. 350.000 dan bisa menikmati fasilitas lain selain kolam renang,yaitu fitnes dan beberapa kelas seperti aerobic, yoga dll
Kolam renang ukuran olympic size. 
Kolam renang dan sekitarnya plus kamar mandi/kamar gantinya nyaman. 
Tersedia loker, shower dengan air panas, sabun cair, wastafel dan ada tempat ganti baju basahnya juga. 
Di jam-jam biasa saya datang sekitar pukul 08:00 atau sore 16:00 cukup ramai dengan anak2 TK dan SD serombongan, ada juga beberapa opa2/oma2, bapak2/ibu2, mbak2/mas2 tapi karena kolam renangnya besar dan luas jadi tidak terasa penuh. 

Kolam Renang Life Spa
Di sini juga bukan hanya kolam renang saja tapi juga sekaligus fitness centre. Saya kurang tahu rincian biaya lainnya, tapi untuk berenang (selain member) dikenakan biaya Rp.50.000 per kedatangan.
Bisa juga kita membayar free pas Rp. 250.000/ bulan... Kita bisa berenang sepuasnya, kapanpun kita mau. 
Di sini kolam renangnya ukuran 1/2 olympic size, berlokasi di dalam taman yang ditumbuhi pohon-pohon yang rimbun, jadi lebih terasa privasi-nya. Hmmm, rasanya seperti sedang berenang di hotel atau resort. 
Untuk jam-jam kedatangan saya, di sini jauh lebih sepi dari di Cilandak. 
Dengan membayar 50ribu rupiah per kali kedatangan untuk berenang, fasilitas yang saya dapatkan adalah sebuah handuk besar, putih, bersih nan wangi, juga loker. 
Ohiya, di sini juga menyediakan hair-dryer berbeda dengan di Cilandak yang kudu bawa sendiri. Trus di sini juga ada sauna, jadi sehabis berenang bisa sauna-an dulu. 
Tersedia juga shower air panas plus sabun cair+shampoo (tapi tentu saja saya bawa sendiri hehehe)
Walau tidak ada tempat ganti baju yang kering, tapi bilik mandinya cukup enak untuk ganti baju. 

Sejujurnya saya terpikir untuk menjadi member di salah satu sports centre di atas... Tapi masih bingung menentukan yang mana. Kalau dari segi kenyamanan saat berenang dan fasilitas tentu saja saya memilih di Life Spa, tapi minusnya di sini terasa terlalu sendirian. 
Kalau di citos walau tidak senyaman di Life Spa, lebih terasa hidup, karena di sini saya bisa berinteraksi dan berkenalan kemudian ngobrol2 dengan orang lain. 

★Tiba-tiba saya keingetan waktu saya getol berenang di Jepang. Kebetulan di apartemen saya ada kolam renang, jadi tiap musim panas, di saat sudah open pool bisa seminggu berkali-kali saya berenang. Kalo nggak salah ingat biayanya adalah 300 yen, dengan fasilitas loker, shower panas dengan sabun dan shampoonya.
Indoor pool dengan ukuran 1/2 olympic size. Karena di Jepang (atau negara 4 musim lainnya) tidak setiap waktu mereka bisa berenang otomatis di saat musim panas, kolam renang dipenuhi banyak pengunjung (termasuk saya). Yang menarik adalah keteraturan orang Jepang. Saya tidak tahu di semua kolam renang di Jepang menerapkan aturan yang sama atau tidak, tapi yang berenang di sini semua teratur. 
1. Tidak ada yang cekikikan di pinggiran kolam renang, tujuan mereka sama untuk BERENANG! Jadi, semua pengunjung berenang, ya tentu saja sesekali sambil ngobrol2 kecil... Tapi nggak ada yang tujuannya sekedar untuk 'ngeceng' . 
2. Semua berenang dengan jalur yang sama dan teratur. Semua jalurnya memanjang tidak ada yang menyamping sehingga tidak menganggu sesama pengunjung. 
3. Dan ini yang paling menarik, kita diberikan waktu istirahat selama beberapa menit setiap jamnya. Jadi setiap waktu menunjukkan jam sekian tepat, penjaga kolam renang akan meniupkan peluit dan kita yang berada di dalam kolam harus naik ke atas dan beristirahat sejenak di bench yang disediakan di pinggir kolam renang. Semua harus mentas, tidak terkecuali. Setelah beristirahat selama beberapa menit penjaga kolam akan   meniupkan peluitnya lagi untuk menandakan kita boleh kembali masuk ke dalam kolam renang. 


4 komentar:

  1. lifespa nya yang di mana yah yang mba datengin?

    BalasHapus
  2. Di gedung arcadia nestle tb simatupamg

    BalasHapus
  3. Sekarang harga tiket harian dan member untuk registrasi dan bulanan berapa mbak? Thanx b4

    BalasHapus
  4. Salam Sejahterah Bagi Kita Semua...
    Mohon Maaf Bilah Kedatangan Aku Mengganggu Namun Apa Yang Aku Tulis Ini Kisah Nyata Aku Dan Semoga Ada Nya Pesan Singkat Ini Bisa Bermanfaat Kepada Anda Semua.. Aku Sangat Berterima Kasih Banyak Kepada Teman" TKW Dan TKI Berkat PostinganNya Saya Bisa Kenal Dengan Abah Cahyono, Ternyata Beliau Guru Spiritual Yang Sering Membantu Orang Melalui Nomer Togel 4D/5D/6D, Dana Gaib, Pelaris, Pelet, DLL.. Alhamdulillah Aku Sudah Pulang Kampung Membuka Usaha Kecil"Lan Berkat Bantuan Abah Cahyono Melalui Bantuan Dana GaibNya Sebesar 1 Milyard Hidup Aku Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.. Anda Perlu Berhati Hati Sekarang Sudah Banyak Modus Penipuan Yang Mengatas Namakan Anggota Dari Abah Cahyono, Siapa Tahu Ada Teman Butuh Bantuan Beliau Silahkan Hubungi Di Nomer PribadiNya +6285213737273 Siapa Tahu Beliau Masih Bisa Membantu Anda..




    BalasHapus