Senin, 13 Februari 2012

[Rekomendasi] Japan Rail Pass (cerita mudik Jepang)

Untuk yang berencana akan plesiran ke Jepang, dan di sana akan banyak menggunakan transportasi umum (khususnya kereta), saya rekomendasikan sekali untuk memakai Japan Rail Pass. (JR Pass)
Mudik ke Jepang bulan lalu, adalah kali ke-2 kami menggunakan JR Pass ini. Nggak setiap mudik kami memakai JR Pass, tapi berhubung trip kali ini juga diagendakan untuk trip ke 2 kota, yaitu Nagoya dan Tokyo untuk mengunjungi para adik ipar, dan untuk pergi kedua kota tersebut transportasi yang digunakan adalah shinkansen, maka JR Pass adalah solusi yang paling murah dan tepat.


Dengan tiket JR Pass ini kita bisa sepuasnya naik kereta yang dioperasikan oleh Japan Rail Company, termasuk di dalamnya shinkansen atau bullet train untuk jenis Kodama dan Hikari dan airport Express.
Ada 2 tipe JR pass yaitu Green dan ordinary, untuk masa berlakunya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu untuk 7 hari, 14 hari dan 21 hari. Dengan harga yang termurah 28,300 yen (ordinary-7 hari) dan yang termahal adalah  79,600 yen (Green-21 hari).
Tiket JR Pass ini hanya dijual di luar Jepang, dan hanya di agen perjalanan yang ditunjuk. Di Jakarta dapat dibeli di JALan Tour, Wisma KEIAI, Sudirman. (Pembelian hanya menggunakan JPYen).
Yang bisa menggunakan JR Pass adalah warga negara di luar Jepang yang memiliki visa Jepang dengan status temporary visit (visa harus ditunjukkan saat pembelian), dan orang Jepang yang sudah tinggal permanen di luar Jepang (bukan warga negara Jepang lagi ?) atau menikah dengan orang di luar Jepang. Saat membeli JR Pass kemarin, saya harus menyertakan surat nikah sebagai bukti.
Saat pembelian JR Pass di JALan Tour, kita hanya akan mendapatkan bukti pembayaran untuk ditukarkan dengan JR Pass ketika kita sudah sampai di Jepang nantinya.
Untuk menukarkan exchange order (bukti pembayaran) ini kita harus pergi ke JR窓口(madoguchi) atau counter JR yang berada di stasiun, kita cukup memperlihatkan exchange order + passport+ mengisi form  untuk bisa mendapatkan JR Pass yang asli. Masa berlaku JR pass tidak dihitung dari tanggal diterbitkan tapi dihitung dari tanggal pemakaian. Tinggal isi di form tanggal berapa kita ingin mulai menggunakan tiket tsb, nantinya petugas counter akan memberikan stempel di tiket JR pass kita.

Dengan selembar tiket ini kita bisa naik turun kereta JR baik dalam maupun antar kota (termasuk local train, express train, shinkansen Kodama dan Hikari, dan bus yang dioperasikan oleh JR Company, serta Tokyo Monorail). Jadi, kita bisa sedikit pengeluaran kita untuk transportasi selama plesiran di Jepang.


2 komentar:

  1. Hi, sepertinya untuk sekarang harga JR pass sudah naik sedikit ya, tapi kemarin saya beli di Kenikura tour dapat harga lebih murah dibanding tour lain, semoga membantu.

    Thanks

    BalasHapus
  2. Salam Sejahterah Bagi Kita Semua...
    Mohon Maaf Bilah Kedatangan Aku Mengganggu Namun Apa Yang Aku Tulis Ini Kisah Nyata Aku Dan Semoga Ada Nya Pesan Singkat Ini Bisa Bermanfaat Kepada Anda Semua.. Aku Sangat Berterima Kasih Banyak Kepada Teman" TKW Dan TKI Berkat PostinganNya Saya Bisa Kenal Dengan Abah Cahyono, Ternyata Beliau Guru Spiritual Yang Sering Membantu Orang Melalui Nomer Togel 4D/5D/6D, Dana Gaib, Pelaris, Pelet, DLL.. Alhamdulillah Aku Sudah Pulang Kampung Membuka Usaha Kecil"Lan Berkat Bantuan Abah Cahyono Melalui Bantuan Dana GaibNya Sebesar 1 Milyard Hidup Aku Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.. Anda Perlu Berhati Hati Sekarang Sudah Banyak Modus Penipuan Yang Mengatas Namakan Anggota Dari Abah Cahyono, Siapa Tahu Ada Teman Butuh Bantuan Beliau Silahkan Hubungi Di Nomer PribadiNya +6285213737273 Siapa Tahu Beliau Masih Bisa Membantu Anda..




    BalasHapus