Sabtu, 01 Oktober 2011

Dari foto (belum) turun ke hati

(dari tulisan di MP)
Gue rasa semua orang pasti punya kisah seru dibalik pertemuan dengan seseorang yang menjadi soulmate-nya... Mungkin cerita itu dibumbui episode yang konyol, lucu ato bahkan bikin emosi...ato bisa juga cerita penuh impian bak adegan-adegan di sinetron ato film
Kisah gue dan  sebenernya Yacchin sebenarnya bukanlah salah satu contoh kisah pertemuan ala negeri dongeng yang penuh dengan adegan dramatis! Ceritanya juga nggak gitu istimewa dengan kata lain tergolong biasa-biasa aja sih sebenernya..Hanya kalo inget kadang-kadang suka ketawa sendiri dan membuktikan bahwa perkataan "Omongan bisa jadi kenyataan" itu beneran bisa menjadi kenyataan
Semuanya berawal dengan persahabatan gue dengan seorang mahasiswa pertukaran pelajar di BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) di UI, sebut saja namanya K-san. K-san ini setahun di atas gue, orangnya baik banget, dan dia udah gue anggep kakak sendiri. Anehnya,nyokap gue kurang setuju gue deket2 ama si K-san ini karena takut nantinya ada apa-apa... He he! Mungkin dari dulu udah berasa kali ya bakal bermantukan orang Jepang. "Tenang ma tenang nggak mungkinlah aku "terjebak" sama yang aneh-aneh begitu" gue dulu selalu menenangkan nyokap begitu. Karena memang dulunya gue yakin nggak bakal punya story sama orang berkebangsaan apalagi beragama lain.
Tahun 2000, K-san lulus dari kuliahnya di Jepang sana...Mungkin karena dulu gue dan dia  belum sering mondar-mandir di dunia maya, nggak tau kenapa terkadang kita sering berkiriman surat plus tukeran foto. Tentunya K-san nggak lupa kirim foto-foto waktu dia wisudaan. Ada beberapa lembar foto yang dia kirim, (lupa tepatnya), ada foto yang dia sendiri (sok ganteng yah), ada foto yang dia ramai-ramai sama temennya.. Di salah satu foto, dia berpose bersama sekitar 5 orang cowok, dan di belakang foto itu bertuliskan keterangan (cuma foto ini yang dikasih keterangan), "Orera to sempai" ini aku bersama teman dan sempai (senior)ku. Terus dia sebutin deh satu persatu personil tuh foto... Yang lainnya gue nggak inget siapa aja, cuma ada yang langsung gue inget mungkin karena namanya yang relatif "pasaran" dan mudah diingat... HASHIMOTO.. Nama mudah diinget, tapi kok tampangnya sedikit aneh ya gitulah batin gue dalam hati.. Eh, nggak tau kenapa batin gue itu masih melanjutkan komentar nggak pentingnya....Mudah-mudahan nanti di sana nggak usah ketemu deh (waktu itu gue emang udah ada rencana ke Jepang tinggal tunggu tanggal keberangkatan), ntar ada kisah aneh aneh lagi..He he Gue emang sebenernya yakin nggak bakal ketemu sama orang yang namanya Hashimoto itu! Selain dia yang alumni itu udah lulus bertahun-tahun yang lalu dan tinggal di Tokyo, sementara gue waktu itu rencananya akan homestay di Tottori yang jaraknya 10 jam perjalanan dengan bis dari Tokyo Jadi nggak mungkin kan ketemuan ??
Setelah gue tinggal di Tottori, persahabatan gue sama K-san masih terus berlanjut... Waktu itu K-san tinggal dan bekerja di Sendai. Jadi praktis, hubungan kita hanya telfon-telfonan atau lewat e-mail saja. Dalam pembicaraan kita, K-san sempet bercerita kalo seniornya yang namanya Hashi san itu dulunya juga pernah ikut pertukaran pelajar ke Indonesia, tepatnya ke UGM,Jogja sekitar tahun 1995-an! Berarti gue masih berseragam putih abu-abu! Dari ceria K-san gue mendapat kesan kalo si senior ini berhati baik dan perhatian ama para kohai (junior)nya.. Dalam hati gue sih bilang begini : Penting banget sih orang ini bolak balik diceritain ke gue..
Perjalanan hidup (baca :rezeki) guelah yang beberapa bulan kemudian membawa gue menjadi salah satu penduduk Tokyo. Alhamdulillah, nggak disangka-sangka gue dapet beasiswa dari kampus tempat K-san (dan tentunya sang senior) belajar. Memang sih cuma untuk belajar bahasa Jepang di Bekka (Japanese course) selama setahun..Tapi,alhamdulillah banget! Karena sebenernya setahun sebelumnya gue juga pernah ikutan summer course gratis di kampus ini, dan gue berkhayal suatu saat nanti pengen belajar di sini. Disamping udah lumayan dapet temen Jepang yang asik-asik,guru-gurunya juga TOB!
Akhirnya, gue bisa juga belajar bahasa Jepang gratis selama setahun. Waktu nyuugakushiki (upacara penerimaan mmahasiswa baru) gue tampil rapi jali pake kebaya.. He he biar diliatin! Upacara masuk yang megah,menyenangkan sekaligus melelahkan. Habis selesai upacara masuk itu gue dan beberapa teman istirahat di ruangan kelas sambil foto-foto. Tiba-tiba, gue dipanggil.. eh tepatnya ditanya "mana anak yang dari Indonesia" ??oleh beberapa orang Jepang yang tergabung dalam Tounan Ajia Kenkyuukai (Ekskul untuk kajian Asia Tenggara) yang ternyata mau ngajak gue kenalan,ya tentunya karena gue adalah salah satu mahasiswi dari Indonesia, beberapa di antaranya gue udah pernah ketemu waktu jaman summer course tahun lalu.. Eh, tapi yang bikin gue kaget, muka yang berasa pernah gue liat entah di mana ada di antara mereka... Hah! Ini kan si senior K-san yang namanya Hashimoto itu ngapain dia di sini ?? Gue langsung panik nggak jelas.. Nggak ngerti sih kenapa gue musti panik,ya ? Tapi memang ada ketakutan kalo terjadi "sesuatu" dengan si aneh ini bener jadi kenyataan... Doushiyou ?? (Gimana,dong)... (Ohya, katanya sih dia kebetulan lagi libur kerjanya dan pas ada upacara masuk sekolah jadi sekalian liat2 eh pas ada anak Indonesia baru..)
Akhirnya memang gue berkenalan dengan sang senior tersebut.. Awalnya sih emang nggak nggak ada yang istimewa...Dalam artian, awalnya nggak ada sesuatu yang membuat hubungan gue sama dia bisa berlanjut ke arah yang lebih serius... Tapi,memang bener seperti yang dibilang K-san... Orang ini emang masuk ke dalam golongan orang baik (tapi sejujurnya aneh sih!!Kawatteru..).Dan, sejak itu, gue ma temen-temen dari Indonesia menganggap dia "kakak".. Kalo butuh apa-apa, orang yang pertama kali dicari ya mas Hashi ini.Dan dia dengan senang hati akan meluangkan waktu bantuin kita. Dan dia juga merasa senang karena setelah sekian lama bisa kumpul-kumpul lagi sama orang Indoensia, dan bisa ngomong bahasa Indonesia lagi! Akhirnya dari pertemanan itulah gue makin deket ama si aneh ini, sampai akhirnya dia menjadi suamiku sekarang...
Dari pengalaman gue itu, gue bisa menarik beberapa kesimpulan :
- Hati-hatilah bilang orang lain "aneh" karena bisa jadi orang itu jodoh anda
- (Untuk yang belum menemukan soulmate-nya) sensitiflah dengan perasaan "jangan-jangan gue akan ada apa-apanya sama nih orang" karena siapa tau bisa jadi kenyataan.. Tapi, perasaan bukan perasaan jadi-jadian yah.. Jangan kalo ketemu ama cowok ganteng terus dalem hati ngomong begitu... He he he
- Berhati-hatilah sama keyakinan kamu sendiri alias jangan terlalu PD kalo lo nggak akan seperti itu! Gue dulunya PD banget kalo gue nggak bakal punya hubungan spesial dengan orang Jepang..Mikirnya aja udah males!! Tapi kenyataannya berbicara lain.. Jadi jangan sekali-sekali deh terlalu PD dengan bilang begini, "Nggaklah gue nggak bakal sama orang XXX gue nggak ada minat soalnya".. Karena ini juga bisa jadi kenyataan.
- Mulai sekarang kalo dapet kiriman foto dari email sekalipun perhatikan baik-baik karena siapa tau disitu muncul sosok jodoh anda.. Walo difotonya bareng-bareng dan dalam pose tidak mencolok
- Dengar baik-baik perbincangan sama orang terdekat.. Kalo temen rajin ceritain  tentang seseorangntah itu kakak kelasnyalah,temen deketnyalah,temen di kantornya.. Waspada aja! Karena siapa tau yang diceritain itu adalah jodoh masa depan anda... (Btw, K-san waktu mengetahui gue ama Yacchin akhirnya jadi, seneng tapi sekaligus merasa lucu sampe ketawa terguling-guling)
- Dan satu lagi pelajaran yang gue dapet, "jangan asal menilai orang dari penampilannya aja".. Memang kesan pertama akan dia adalah "orang yang aneh" tapi ternyata kepribadian dia cocok dengan kepribadian gue. Mungkin orang yang selama ini dianggap "aneh" ato "nggak tipe" malah justru orang yang akan membuat hidup kita menjadi lebih baik dan lebih sempurna.Bisa jadi dialah orang yang kita cari-cari selama ini untuk menjadi partner untuk membangun rumah tangga yang sakinnah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar