Selasa, 17 April 2012

Mencontek itu ternyata..... Universal!

Berita tentang UN alias Ujian Nasional ramai menghiasi media beberapa hari belakangan ini.
Anehnya yang diberitakan itu bukan berita yang baik-baik. Berita tentang kebocoran soal ujian, jual beli kunci jawaban, cerita tentang guru yang sengaja mengumpulkan para siswanya untuk kasih tahu kunci jawaban, dan sejenisnya dan sebagainya.
Rasanya hampir bisa dibilang tidak ditemukan 'keceriaan' dalam berita tentang ujian nasional yang disuguhkan.. Ya iyalah namanya juga ujian ? Iya juga sih yang namanya ujian baik ujian di sekolah maupun ujian hidup pastinya 'susah' dan tidak menyenangkan.
Mungkin saya agak lebay, ya.. Tapi kok kayaknya berita tentang Ujian Nasional ini memberikan kesan bahwa UN ini seperti sebuah momok yang menakutkan.. Mencekam!! (oke saya tau saya lebay...)
Dan semakin ba
Perasaan zaman jadul dulu, zaman saya ikut EBTANAS, rasanya nggak sebegitu menakutkan seperti sekarang.
Eh, tapi ngomong-ngomong dulu udah ada belum sih jual beli kunci jawaban seperti sekarang ? Mungkin ada ya ? Tapi nggak seheboh sekarang...
Kalau saya sih ingatnya cuma suka banyak teman yang nyontek waktu ujian. Kalau saya ? Saya sih nggak pernah nyontek.. Bukan, bukan karena sok suci.. Tapi, karena cemen aja, nggak berani ikutan nyontek. Karena saya tipe orang yang grasa-grusu, pasti langsung ketahuan deh kalo nyontek (ngebet). Sesekali lah waktu zaman sekolah dulu tanya sama teman di kiri-kanan, tapi itupun udah dag dig dug mampus.
Makanya saya juga terkagum-kagum sama teman yang jago banget ngebet dari buku, atau bikin klepekan di secarik kertas yang ditulis kecil-kecil... Sumpah kagum banget! Dulu pernah kepikiran pengen bisa kayak gitu, karena hidup tenang dan damai di saat ujian, tapi apa daya tangan tak sampai... Saya nggak punya kemampuan untuk itu.
Kekaguman saya makin bertambah ketika saya kuliah di sastra Jepang, kagum sama teman-teman saya yang jago bikin kebetan dengan huruf kanji. Tapi kadang mikir juga sih, daripada repot-repot bikin kebetan gitu bukannya mendingan belajar yang benar saja ya ? Soalnya kayaknya justru ribetan bikin contekan..

Ngomong-ngomong soal contek mencontek, soal ngebet dari buku atau bikin kebetan di kertas, ternyata nggak dimonopoli oleh orang Indonesia loh!
Alkisah, waktu saya sekolah bahasa Jepang di sebuah Universitas Swasta di Jepang. Mungkin seperti umumnya di Bekka (Japanese course) di universitas lain, setiap hari senin dan jumat diadakan ujian bahasa Jepang. Ujian-ujian ini sih tujuanya hanya sekedar tes kemampuan saja, untuk tahu gimana perkembangan kita belajar selama seminggu itu bagaimana.
Ujian yang buat saya nggak berarti apa-apa karena toh memang tujuannya untuk tau perkembangan kita sampai mana. Jadi, saya selalu belajar sekedarnya, dan jawab ujian itu semampu saya untuk tau saya bisanya sejauh mana. Saya pikir, teman-teman saya yang dari berbagai macam negara itu juga akan beranggapan sama, karena memang itu yang diwanti-wanti sama para sensei. Dan, saya pikir di sono bukan Indonesia gitu loh! nggak adalah orang yang 'nggak jujur' dalam ujian.
Eh, tapi ternyata tanggapan saya salah... Banyak banget teman-teman saya dari China yang dengan santainya ngebet dari buku yang tersimpan rapi di laci meja. Teman-teman dari Korea yang saling kasih kode, sampai teman saya yang blasteran Jepang-Amerika yang seksi dengan santainya nulis kebetan di pahanya. Juga beberapa teman saya yang lainnya.Yang paling saya terkejut adalah teman saya dari Denmark, cewek ini aktivis perempuan gitu, paling tua di kelas.. Waku itu rata-rata kita berusia 20tahunan, sementara tante dari Jerman sang aktivis ini usianya sudah mendekati 40 tahun,mau masuk S3 di Universitas tsb, dan orangnya penuh idealisme gitu.. Tapi, dengan santainya dia tetap loh bikin kebeten berupa huruf kanji kecil-kecil yang ditulis di secarik kertas dan disimpan rapih dikotak pensilnya.Dalam hati saya ingin tertawa, jangan bilang yang tukang nyontek itu orang Indonesia saja... Ternyata nyontek itu, bikin kebetan itu universal ya... !
Tapi, rasanya kendati contek mencontek itu unviersal, kayaknya di negara lain nggak akan ditemukan deh berita tentang ujian nasional seheboh berita di Indonesia...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar